Sabtu, 23 Februari 2013

Perubahan Iklim di Mata Remaja 18 Tahun


Halo, ini adalah tulisan kedua saya mengenai perubahan iklim, yah sebelumnya saya juga sudah pernah menuliskan mengenai hal ini, buat yang mau baca yang sebelumnya bisa buka aja disini “Generasi Mendatang dan Perubahan Iklim”

 
Sebagai seorang remaja 18 memandang mengenai Perubahan Iklim adalah sesuatu yang menakutkan. Kita sama-sama tau bagaimana begitu banyak dampak negative dari sebuah perubahan iklim yang ekstrim ini.
Mau taukan bagaimana seorang remaja 18tahun mengartikan sebuah fenomana perubahan iklim ini? Yah menurut saya Perubahan Iklim adalah sebuah kejadian perubahan cuaca yang ektrim berkepanjangan dalam jangka panjang yang mempunyai  banyak dampak buruk terhadap keberlangsungan hidup dimuka bumi.


 

 Naaah, parah bangetkan perubahan iklim, maka dari itu kita harus tau mengapa hal semacam ini bisa terjadi, bagaimana dampaknya dimasa mendatang dan cara menanggulanginya agar kita sama-sama bisa mencegahnya agar tidak terus terjadi di masa mendatangh.
Oke pertama adalah Mengapa sebenarnya hal ini bisa terjadi, pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa hal semacam ini bisa terjadi? Salah siapa? Salah siapa woooy?

Dari pada kita mencari siapa yang salah dari hal ini dan siapa yang bertanggung jawab, mending kita renungkan bersama, perubahan iklim terjadi karna ulah aktifitas manusia itu sendiri, manusia yang terlalu egois terhadap aktifitas kehidupannya. Contoh nyata dan simple-nya saja perilaku manusia yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Membuang sampah pada sembarang tempat selalu dianggap hal sepele, namun hal sepele semacam inilah yang membuat perubahan iklim di bumi semakin cepat dan tak terkendali.

Kita lanjut ke contoh berikutnya aktifitas manusia yang membuat perubahan iklim kian menjadi malapetaka adalah penggunaan alat rumah tangga yang mengandung CFC atau zat utama yang menyebabkan lapisan ozon yang melindungi bumi kian menipis. Contohnya saja penggunaan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC),  hal ini menimbulkan dampak negative terhadap keberlangsungan manusia di bumi, karna di setiap penggunaan AC tersebut menghasilkan zat CFC yang mengancam tersebut.

Mungkin kedual hal tersebut masih berlangsung hingga saat ini, semuanya akan terus menerus berlangsung jika tidak ada kesadaran kita untuk berani megubah tabiat semacam itu.
Sekarang coba kita tegok bagaimana keadaan bumi kita di masa-masa mendatang jika aktifitas yang dianggap sepele it uterus-menerus berlangsung, bisa saja keberlangsungan hidup manusia dan mahluk lain yang ada di muka bumi akan terancam.

Coba kita lihat keluar sana bagaimana sebuah contoh nyata dampak perubahan iklim yang sangat berpengaruh terhadap petani dan nelayan. Para petani banyak merugi karna perubahan cuaca sekarang sudah sangat sulit untuk diprediksi, sangat sulit untuk petani memprediksi sekarang kapan hujan dan kapan panas. Kemudian bagaimana seorang nelayan zaman sekarang yang harus tergusur dari pemukiman mereka dipinggiran pantai karna tempat yang harusnya dimana mereka tinggal dan mencari penghasilan harus tenggelam sedikit-demi sedikit karna dampak naiknya permukaan air laut dampak dari mencairnya es di kutub yang tidak lain dan tidak bukan adalah dampak perubahan iklim yang ekstrim.

Itu hanya 2 contoh nyata bagaimana perubahan iklim menjadi malapetaka bagi para petani dan nelayan. Masih banyak dampak-dampak negative dari sebuah fenomena perubahan iklim ini.

Untuk itu saya sebagai seorang remaja 18tahun mengajak mati kita berani mengubah hal yang dapat membuat perubahan iklim semakin parah. Kita awali dari kita sendiri dan dari aktifitas yang paling dekat dengan diri kita, seperti mengunakan air dengan bijak karna diluar sana banyak yang belum menikmati air bersih, menggurangi penggunaan pembungkus plastic dan Styrofoam  yang sangat sulit diuraikan bumi, coba matikan AC dan buka jendela lebar-lebar, matikan penggunaan lampu dan peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan.

sorry ilustrasinya typo, harusnya styrofoam hehe

Nah melalui perilaku simple itu saya berharap efek berkepanjangan perubahan iklim dapat dicegah semakin parah.  Untuk itu saya sebagai sebagai remaja 18tahun mengajak kita semua ikut turut serta bersama bertanggung jawab dan sama-sama mencegah dampak negative perubahan iklim yang semakin parah. Maka dari itu mari kita dukung contoh nyata gerakan dari kelompok Oxfom. Sebuah tidakan nyata bagaimana kita bersama menjaga bumi dan mencegah terjadinya perubahan iklim.

Oxfam adalah konfederasi International dari tujuh belas organisasi yang bekerja bersama di 92 negara sebagai bagian dari sebuah gerakan global untuk perubahan, membangun masa depan yang bebas dari ketidakadilan akibat kemiskinan.

Oke mungkin pandangan sebuah perubahan iklim dari seorang remaja 18tahun adalah semacam itu. Segalanya belum terlambat, untuk itu mari kita bersama berani mengubah. Awali dari diri kita sendiri. Kalo bukan mulai dari kita siapa lagi? Kalo bukan sekarang kapan lagi?

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Ini hanya sekedar pandangan seorang remaja 18tahun mengenai perubahan iklim di bumi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yok silahkan di komentari :)